Tata-Cara-Sholat-Tahajud-.

carabuat.my.id – Di dalam Islam sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang paling istimewa. Hal ini dikarenakan sholat tahajud memiliki keutamaan yang sangat luar biasa bagi seorang muslim. Sehingga seluruh umat Islam harus memahami tata cara sholat tahajud yang baik dan benar.

Bahkan, sholat tahajud ini merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam kepada umatnya. Selain itu, Allah Subhana Wa Ta’ala berfirman dalam Al Quran bahwa sholat tahajud bisa membuat orang yang mengamalkannya diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji di sisi Allah Subhana Wa Ta’ala. 

Allah Ta’ala berfirman :

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah (Muhammad), “Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).” (QS Al-Isra : 79-80). 

Dalam melaksanakan ibadah tentunya kita harus sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam, begitupun melaksanakan sholat tahajud. Tata cara sholat tahajud sebenarnya sama dengan sholat pada umumnya. Cuman perbedaannya hanya dari segi niat, waktu, dan jumlah rakaat yang dilakukan. 

Baca Juga : Cara Mendidik Anak dalam Islam Sesuai Ajaran Rasullullah SAW

Waktu Sholat Tahajud

Sebelum mengetahui tata cara sholat tahajud yang benar, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu waktu serta jumlah rakaat yang dijalankan. Perlu diketahui bahwa sholat tahajud ini sangat dianjurkan dilaksanakan pada sepertiga malam. Namun sholat tahajud ini juga bisa dilaksanakan pada awal, pertengahan, dan akhir malam. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

  • Sepertiga malam pertama : Dimulai setelah sholat isya hingga pukul 21.30
  • Sepertiga malam kedua : Dimulai pada pukul 21.30 hingga 01.30
  • Sepertiga terakhir : Dimulai pada pukul 01.30 hingga memasuki waktu shubuh
  • Waktu yang paling utama melaksanakan sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir

Hal ini sesuai dengan hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda :

Artinya : “Rabb kami, Tabaroka wa Ta’ala akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman,” Siapa yang memanjatkan doa pada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun pada-Ku, Aku akan memberikan ampun untuknya”. 

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud ini dikerjakan 2 rakat, 2 rakaat dengan jumlah yang tidak terbatas. Walaupun demikian menurut hadits Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam tidak pernah mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat beserta witir). 

Tata Cara Sholat Tahajud

Niat sholat tahajud

Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alaa

Artinya : “Aku niat sholat tahajud dua rokaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  1. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  2. Membaca surat Al Fatihah
  3. Membaca surat dalam Al Quran. Kalau Nabi biasanya membaca surat-surat yang panjang
  4. Rukuk dengan tuma’ninah sambil membaca doa rukuk
  5. I’tidal dengan tuma’ninah sambil membaca doa i’tidal
  6. Sujud dengan tuma’ninah sambil membaca doa sujud
  7. Ulangi gerakan seperti rakaat pertama
  8. Pada tahiyat akhir, baca doa tahiyat akhir
  9. Melakukan gerakan salam
  10. Sesudah salam disunnahkan membaca bacaan tahlil, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, lalu membaca doa sholat tahajud.

Baca Juga : Perbedaan Sholat Tarawih, Qiyaumullail Dan Tahajud.