cara-menghilangkan-stretch-mark-di-perut

Carabuat.my.id – Apa itu stretch mark? Stretch mark merupakan sebuah guratan-guratan putih kemerah-merahan pada bagian tubuh. Kondisi biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil. Dimana, gurat ini memiliki panjang dari milimeter hingga belasan sentimeter yang muncul di bagian perut, paha, dan bokong.

Perlu diketahui bahwa penyebab munculnya stretch mark pada kuli ini biasanya disebabkan elastisitas kulit yang melewati batasnya.

Selain itu, stretch mark ini juga bisa muncul akibat mengonsumsi obat-obatan dengan kadar steroid yang tinggi, kekurangan nutrisi, kegemukan badan atau menjadi kurus dalam waktu yang cepat.

Lalu bagaimana cara menghilangkan stretch mark secara alami maupun dengan penanganan medis?? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

1. Kentang

Cara menghilangkan stretch mark secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan kentang. Dimana, kentang ini memiliki kandungan mineral yang berfungsi sebagai antibiotik alami yang bermanfaat untuk meregenerasi kulit.

Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama tumbuk halus kentang yang sudah direbus sebelumnya
  • Kemudian campurkan dengan 2 sendok maka susu, lalu aduk hingga berbentuk pasta
  • Lalu oleskan pada bagian tubuh yang terdapat stretch mark, misalnya pada perut
  • Kemudian, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Mudahkan?

2. Gunakan Lotion

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya adalah dengan menggunakan lotion. Dalam hal ini gunakanlah lotion yang memiliki petroleum jelly.

Karena kandungan ini dapat mempercepat meregenerasi kulit sehingga membantu proses penyembuhan lebih cepat. Dengan menggunakan lotion secara rutin maka stretch mark yang muncul, secara perlahan-lahan akan menghilang.

Selain itu, manfaat menggunakan lotion secara rutin ini juga akan membuat kulit terasa lembap dan menjaga elastisitas kulit.

3. Bubuk Cokelat

Selain untuk digunakan sebagai bahan makanan, ternyata bubuk cokelat juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark pada remaja. Berikut cara penggunaannya:

  • Pertama siapkan bubuk cokelat tawar yang belum ada pemanisnya
  • Lalu buat semacam pasta atau krim cokelat tersebut
  • Kemudian oleskan pasta cokelat tersebut pada bagian kulit yang terdapat stretch mark, lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 menit
  • Setelah itu bilas dengan air hingga bersih

Baca juga: Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Bahan-bahan Alami

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Medis

1. Laser

Apabila ingin menghilangkan stretch mark dengan cepat, anda bisa memilih teknik laser. Tentunya cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dan teknik laser ini pun tidak menjamin 100% stretch mark langsung hilang dalam satu kali pertemuan, namun bisa saja baru hilang setelah melakukan beberapa kali pertemuan.

Terapi ini menggunakan gelombang cahaya untuk merangsang pertumbuhan kolagen, elastin atau yang memproduksi melamin dalam kulit.

2. Microdermabrasion

Cara pengobatan ini menggunakan kristal yang menembus kulit. Dimana kritas lembut itu akan mengikis permukaan kulit paling atas untuk mendorong pertumbuhan kulit baru yang lebih elastis.

3. Krim Tretinoin

Cara medis berikutnya adalah dengan menggunakan krim tretinoin. Asam retionat atau retin-A ini terbukati sangat efektif untuk menghilangkan stretch mark.

Dimana, retin-A ini akan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga stretch mark akan memudar. Krim ini hanya bisa digunakan bagi orang yang usianya masih muda saja.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang cara menghilangkan stretch mark di perut baik secara alami maupun medis, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kulit Kering dengan Masker Alami