Mengatasi Kulit Berminyak

Wanita dengan tipe kulit berminyak disebut lebih awet muda dibandingkan tipe kulit lainnya. Hal ini dapat disebabkan karena kulit berminyak selalu lembab dan tidak mudah kering dan keriput. Namun banyak pula wanita Indonesia yang seringkali terganggu dengan masalah kulit yang berminyak. Tipe kulit ini selain membuat penampilan jadi terganggu, juga memudahkan Anda terkena komedo dan jerawat.

Hal ini disebabkan kuman dan debu yang menempel pada wajah berminyak. Penampilan juga jadi terganggu ketika Anda mengenakan make up lalu wajah mengeluarkan minyak. Alih-alih terlihat cantik, make up di wajah Anda malah bisa berantakan dan tentu saja membuat Anda risih.

Lalu bagaimana sih caranya untuk mengatasi masalah pada tipe kulit yang berminyak? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi kulit yang berminyak.

1. Melakukan pembersihan wajah

Rajin membersihkan wajah adalah sebuah kewajiban untuk semua tipe jenis kulit, termasuk tipe kulit yang berminyak. Anda perlu membersihkan kulit wajah minimal dua-tiga kali sehati, sebab jika tidak diberishkan debu dan polusi yang menempel di wajah dapat menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan jerawat.

Pemilihan sabun mukapun tidak boleh sembarangan. Sesuaikan dengan tipe kulit Anda yaitu kulit berminyak. Sebab, salah memilih sabun muka malah bisa membuat kulit berjerawat semakin parah.

2. Melakukan masker Apel

Jika Anda melihat beauty vlogger, banyak sekali yang merekomendasikan penggunaan cuka apel untuk perawatan kulit. Rupanya buah apel utuh pun dapat secara ampuh mengatasi minyak yang berlebih.

Caranyapun cukup mudah. Haluskan satu buah apel yang kemudian dicampurkan dengan 4 sampai 5 sendok madu. Selanjutnya bahan tersebut dicampur hingga rata dan dijadikan masker. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Apel baik digunakan sebagai masker untuk kulit berminyak sebab terdapat kandungan anti lemak yang mampu mengangkat kotoran serta membasmi jerawat yang terdapat pada wajah.

3. Melakukan masker putih telur

Putih telur dipercaya mampu menghilangkan komedo serta mengurangi minyak berlebih di wajah. Caranya juga lebih mudah, yaitu pisahkan antara putih telur dan kuning telurnya. Kocok putih telur hingga berbusa lalu oleskan langsung di wajah Anda sebagai masker.

Tunggu kira-kira 25 sampai 30 menit hingga masker kering. Kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat. Lakukan masker putih telur ini secara teratur yaitu satu kali sehari dalam waktu beberapa hari dalam satu bulan. Maka Anda akan emndapatkan hasil kulit wajah yang lembab namun tidak mengkilat sebab berminyak.

4. Masker jeruk nipis

Jeruk nipis sejak lama dipercaya sebagai masker mujarab dalam mengatasi masalah jerawat. Caranya juga sangatlah mudah, yaitu ambil sebuah jeruk nipis kemudian dipotong dan peras air jeruknya. Kemudian kulit jeruk nipis tadi Anda oleskan secara merata pada kulit wajah Anda dengan melakukan pijatan lembut di wajah.

Lakukan selama kurang lebih 25 menit. Lalu bilaslah dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukanlah cara ini tiga kali dalam satu minggu. Maka bekas jerawat Anda juga akan ikut hilang.

Nah itu tadi empat tips alami untuk merawat kulit wajah yang berminyak. Masih ada beberapalagi masker alami yang bisa Anda pakai untuk mengatasi kulit yang berminyak salah satunya yaitu dengan daun seledri atau tomat.

Perawatan yang hanya dilakukan sekali dua kali tidak akan membrikan dampak signifikan pada wajah Anda. Maka Anda perlu melakukan masker secara rutin sehingga hasilnya terlihat.