penyakit herpes

Perlu anda ketahui bahwa karakter dari penyakit herpes ini sangatlah unik dan bandel karena penyakit ini akan sangat memungkinkan para penderita yang pernah mengalaminya itu akan kembali mengalaminya kembali dalam jangka waktu tertentu. Herpes ini memang akan bisa sembuh dengan sendirinya meski waktu untuk menyembuhkannya itu tidaklah menentu, karena bisa cepat tapi bisa juga sangat lamban.

penyakit herpes

Untuk mempercepat proses penyembuhan maka perawatan yang dilakukan di rumah akan sangat membantu. Untuk lebih jelasnya, mari disimak ulasan tentang jenis-jenis penyakit herpes dan cara pencegahannya sebagai berikut :

Herpes ini terdiri dari dua jenis yaitu herpes zoster dan herpes simpleks. Berikut fakta tentang herpes zoster dan herpes simpleks diantaranya yaitu :

  1. Herpes Zoster

Herpes zoster ini terjadi karena adanya serangan virus varicella zoster terhadap permukaan kulit secara menyeluruh dan bagian badan yang umumnya akan terserang. Terjadinya herpes zoster ditandai dengan daerah yang terkena virus akan berwarna bercak kemerahan dan akan munculnya bintik bintik gelembung berisi air yang didalamnya itu mirip dengan cacar air dalam waktu 12 hingga 24 jam. Gelembung berisi air ini akan tumbuh pada kulit bagian atas berwarna kemerahan dan akan tumbuh secara terus menerus.

Gelembung berisi air ini akan berlangsung selama 1 hingga 7 hari dan akan bernanah dan mulai mengering. Untuk mencegah herpes zoster ini dapat dilakukan dengan memberikan vaksinasi. Pada saat dilakukannya pemberian vaksin sistem imun didalam tubuh akan dapat terangsang, sehingga nantinya tubuh akan dapat mengenali dan virus varicella zoster akan mampu dilawannya. Vaksin yang diberikan ini telah mengandung virus yang telah dijinakkan, lalu disuntikan untuk melawan virus yang jauh lebih kuat pada saat menyerang tubuh.

  1. Herpes Simpleks

Herpes simpleks atau bisa juga disebut dengan herpes genitalis akan menyerang bagian bibir, mulut, dan alat kelamin. Herpes simpleks ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu HSV 1 sebuah virus yang akan menyerang anak anak, dan HDV 2 yang akan ditularkan melalui hubungan seksual atau biasanya karena hubungan seksual yang tidak sewajarnya.HSV 1 akan menginfeksi bibir sehingga menyebabkan bibir mengalami luka. Sedangkan HSV 2 nya ini akan menyebabkan herpes pada kelamin dan bibir terkena infeksi.

Herpes simpleks ini bisa ditularkan melalui kontak secara langsung atau melalui air liur secara tidak langsungnya. Untuk mengobati herpes jenis ini maka dapat dilakukan dengan pengobatan tradisional atau dengan mengkonsumsi obat obatan berupa tablet atau salep. Pemberian obat ini akan dapat mengurangi tingkat keparahan luka yang disebabkan oleh herpes ini dan juga untuk mencegah herpes ini kambuh lagi.

Itulah jenis penyakit herpes yang harus kalian ketahui, yang semoga saja ulasan singkat ini dapat bermanfaat.