Penyakit-liver

Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Di sini, penderita mengalami masalah pada organ hati. Sebagai salah satu organ terpeting dalam tubuh, tentunya akan menjadi sangat menyusahkan jika terjadi masalah.

Peradangan dan infeksi pada hati merupakan yang yang menyebabkan mengapa seseorang mengalami penyait hati. Tetapi itu bukan penyabab utamanya. Ada beberapa penyebab mengapa tubuh seseorang terutama organ hati mengalami infeksi dan peradangan.

Infeksi dan peradangan pada hati disebabkan oleh virus. Ada 8 jenis virus utama yang menyebabkan Anda terkena penyakit liver. Dan dari delapan virus tersebut, ada dua virus yang sangat berbahaya dan ganas serta menjadi faktor utama terkena penyakit hati.

Virus tersebut adalah virus Hepatitis B dan Hepatitis A. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengikuti program vaksinasi hepatitis.

Supaya apa? Supaya kita besar kemungkinan dapat menghindari penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit liver.

Jenis-Jenis Penyebab Penyakit Liver

Penyebab-penyakit-liver

Ada beberapa jenis dan penyebab mengapa tubuh seseorang bisa terjangkiti penyakit liver. Tercatat ada 100 jenis penyakit liver yang sudah teridentifikasi. Dan adapun beberapa jenisnya adalah sebagai berikut ini.

1. Penyakit Liver sebab alkohol

Jenis dan penyebab penyakit liver yang pertama adalah penyakit liver sebab alkohol. Ya, ada seseorang yang terkena sakit liver karena dia selalu mengonsumsi minuman beralkohol. Dengan kebiasaan meminum alkohol sedari muda, maka timbullah racun. Alkohol itu memiliki sifat toksik sehingga mampu menjadi racun sel-sel hati. Racun ini sangat kentara negatifnya saat hati melakukan fungsi untuk menyaring makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Saat alkohol disaring oleh hati, sel-sel hati nyatanya dapat mengalami kematian. Meskipun sel-sel hati tersebut memiliki kemampuan regenerasi, tetapi jika seseorang terus-menerus meminum minuman beralkohol maka akan menyebabkan kemampuan regenerasi tersebut terganggu.

Sehingga pada akhirnya kejadian ini akan menyebabkan kerusakan yang sangat serius dan berbahaya terhadap sel-sel hati dan fungsinya.

2. Penyakit Liver non-alkohol atau perlemakan hati

Perlemakan hati atau istilah medisnya adalah “Non-alcoholic fatty liver disease” merupakan jenis dan penyebab seseorang terjangkit penyakit hati. Berbeda dengan jenis pertama, pada jenis penyakit liver ini sel-sel hati mengalami penumpukan lemak berlebih.

Padahal dalam keadaan normal, sel-sel hati seharusnya memiliki tingkat kandungan lemak yang sedikit. Jenis dan penyebab ini sering dialami oleh orang-orang yang mengalami obesitas. Dan kandungan lemak dalam tubuh orang tersebut sangat tinggi.

3. Penyakit Liver Kolestatis

Penyakit liver kolestatis atau bisa disebut cholestatic liver disease merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada aliran empedu. Hal ini bisa terjadi entah itu karena cairan empedu dalam tubuh berkurang ataupun karena adanya gangguan pada saluran empedu.

Sehingga aliran empedu menjadi tersumbat. Nah, gangguan pada aliran empedu ini dapat menyebabkan terjadinya penumpukan bilirubin di dalam darah.

Apa itu Bilirubin? Bilirubin merupakan produk sisa yang berasal dari penghancuran sel-sel darah merah. Dan produk sisa ini harus dibuang baik melalui urin ataupun feses.

Penyebab orang bisa mengalami kolestatis cukup beragam. Penyebab ini bisa diakibatkan dari gangguan yang ada di dalam hati atau gangguan pada saluran empedu di dalam hati.

4. Hepatitis

Hepatitis merupakan jenis dan penyebab paling umum dan terkenal orang bisa mengalami penyakit liver. Penyakit ini merupakan jenis penyakit hati yang disebakan karena adanya peradangan di jaringan hati. Beberapa jenis hepatitis yang termasuk ringan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun ada beberapa jenis hepatitis yang tergolong berbahaya dan serius.

Jenis hepatitis yang berbahaya ini dapat berkembang dan berubah menjadi sirosis, gagal hati dan bahkan kanker hati. Anda bisa mengalami hepatitis akut dan kronis. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan Anda. Hepatitis bisa datang akibat serangan atau infeksi virus dan autoimun. Adapaun virus tersebut adalah berupa virus hepatitis A, B, C, D, E dan hepatitis autoimun.

Baca juga: Jenis Penyakit Herpes dan Cara Penanggulangannya

5. Hepatitis Toksik / Toxic Hepatitis

Sesuai namanya, di sini ada racun yang menyebabkan tubuh mengalami penyakit liver. Jenis ini merupakan sebuah kondisi di mana terdapat peradangan pada jaringan hati yang diakibatkan karena tubuh terkena senyawa kimia beracun dan menyebabkan kerusakan pada jaringan hati.

Jenis-jenis racunnya pun beragam. Racun-racun tersebut bisa berasal dari obat, suplemen makanan dan zat kimia lainnya. Jadi, jenis ini berasal dari benda luar tubuh manusia.

Pada beberapa kasus, hepatitis toksik bisa hilang dengan sendirinya. Hal ini bisa dikarenakan tubuh tidak lagi terpapar dengan senyawa kimia yang berbahaya tersebut.

Namun ada juga beberapa kasus di mana terdapat hepatitis toksik yang serius dan memicu berbagai kerusakan jaringan hati secara permanen. Di sini juga bisa menyebabkan gagal hati dan bahkan membahayakan nyawa seseorang.

Adapun jenis obat yang memiliki pengaruh besar terhadap munculnya hepatitis toksis kronis adalah amoxicilin, paracetamol, isoniazid, diclofenac, phenytoin dan fenofibrate. Oleh karena itu, berobatlah sesuai resep dokter karena obat-obatan tersebut sering dijumpai di apotek, puskesmas dan rumah sakit untuk para pasiennya.

6. Penyakit Liver Keturunan

Jenis dan penyebab penyakit liver tidak hanya datang karena pengaruh luar. Ada juga yang terjangkiti penyakit liver sebab keturunan. Penyakit liver keturunan biasa disebut inherited liver disease. Penyakit liver ini muncul dikarenakan adanya kelainan genetik sehingga terjadilah gangguan fungsi organ hati.

Ada dua jenis penyakit liver genetik, yaitu hemokromatosis dan defisiensi alfa-1. Kedua jenis penyakit liver genetik tersebut merupakan jenis penyakit liver keturunan yang paling terkenal. Mengapa bisa mengalami jenis penyakit tersebut? Jadi, pada defisiensi alfa-1 antitripsin misalnya. Ini merupakan sebuah penyakit di mana muncul akibat kekurangan protein alfa-1 antitripsin.

Protein tersebut merupakan zat yang diproduksi oleh hati yang berguna untuk melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan. Dan tidak hanya berakibat pada kerusakan paru-paru, kekurangan protein alfa-1 antitripsin juga dapat menyebabkan penyakit liver genetik.

7. Kanker Hati

Jenis dan penyebab penyakit liver yang selanjutnya adalah karena kanker hati, ini merupakan jenis kanker yang pada awal kemunculannya terdapat pada organ hati. Ada beberapa jenis yang termasuk ke dalam golongan ini, di antaranya adalah hepatoblastoma, hepatocellular carcinoma dan cholangiocarcinoma. Dan jenis kedua paling sering terjadi di masyarakat.

Dan demikian itu adalah beberapa jenis dan penyebab mengapa seseorang bisa mengalami penyakit liver. Jika terjadi beberapa pertanda terkena penyakit liver, Anda bisa segera untuk melakukan diagnosis. Datang ke dokter untuk melakukan diagnosis penyakit liver.

Biasanya metode diagnosis yang dianjurkan dokter adalah berupa tes darah, tes pencitraan dan analisis jaringan. Setelah Anda melakukan diagnosis, maka Anda harus melakukan tindakan untuk mengurangi dan bahkan menghilangan penyakit liver. Tentunya ini butuh proses.

Namun tetap saja, hal yang harus dilakukan agar tidak mengalami pengalaman pahit terkena penyakit liver adalah mencegahnya.

Ubah pola hidup Anda yang kurang sehat dengan aktivitas dan budaya hidup positif. Hindari hal-hal yang bisa menyebabkan munculnya penyakit liver. Karena hidup sehat berasal dari kemauan seseorang untuk sehat.

Baca juga: Makanan Penunjang Vitalitas Bagi Lelaki