Categories: Lifestyle

Tips Membeli Laptop Berkualitas

Kebutuhan akan beberapa gadget atau alat elektronik memang smeakin meningkat tiap tahunnya, termasuk kebutuhan laptop. Hal ini berkaitan dengan banyaknya kegiatan yang menggunakan laptop sebagai salah satu sarana penunjang, bahkan beberapa pekerjaan menganggap bahwa laptop adalah nyawa mereka. Namun tidak mudah untuk mendapatkan laptop yang berkualitas karena makin banyak orang yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan dengan menjual laptop rekondisi atau rusak.

Untuk mendapatkan laptop yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum memutuskan pembelian, apalagi jika Anda melakukan pembelian laptop secara online. Pembelian barang elektronik secara online haruslah benar-benar selektif karena penipuan melalui daring jauh lebih tinggi dibandingkan penipuan di toko fisik.

Beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membli laptop secara online adalah sebagai berikut :

1. Pilih situs yang terpercaya

Pastikan Anda masuk ke dalam situs jual beli online yang terpercaya dan telah memiliki beberapa sertifikat penghargaan bergengsi. Dengan memilih situs yang terpercaya sebagai pilihan Anda, maka secara otomatis Anda telah melindungi diri dari bentuk penipuan online.

Situs yang terpercaya juga bisa dideteksi dari keamanan penyimpanan data pribadi Anda. Hal ini dapat dideteksi dari alamat situs yang biasanya dimulai dengan HTTPS://

2. Bandingkan harga

Sebelum tergiur dengan harga yang ditawarkan oleh situs yang Anda kunjungi, ada baiknya jika Anda melakukan survey atau perbandingan harga laptop di situs lainnya. Jika perbandingan harga terlalu jauh dan terlalu rendah, maka sebaiknya Anda hindari untuk meneruskan pemnbelian di toko tersebut karena kemungkinan toko tersebut melakukan penipuan.

3. Perhatikan garansi

Hal yang harus selalu ada dan wajib Anda terima adalah garansi. Ya, pastikan bahwa laptop yang Anda beli dari situs tersebut menawarkan garansi. Biasanya produk laptop baru akan diberi garansi selama 1 tahun dan pada umumnya merupakan garansi nasional. Jangan membeli laptop yang tidak memiliki garansi, baik secara online maupun pembelian langsung di toko.

4. Pilih toko dengan rekening resmi

Jangan melakukan pembayaran pada toko yang tidak memiliki rekening perusahaan atau rekening resmi. Pastikan Anda melakukan pembayaran ke rekening dengan nama perusahaan yang sesuai dengan situs tersebut. Hindari melakukan pembayaran ke rekening atas nama pribadi dan jangan pernah memberikan data keuangan Anda kepada siapapun dengans modus verifikasi pembayaran atau lainnya.

5. Gunakan asuransi

Laptop merupakan barang elektronikyang gampang pecah sehingga memerlukan perlakuan khusus saat masa pengiriman. Tambahkan asuransi ke dalam opsi pengiriman Anda untuk mengamankan barang yang Anda beli. Jangan gegabah dengan tidak menambahkan opsi asuransi karena rusaknya produk di jalan tidak bisa Anda mintai pertanggungjawabannya ke pihak manapun.

Erni Astuti

Recent Posts

5 film thailand yang dilarang tayang,Kontroversi Sinematik Terungkap!

Pernahkah kamu mendengar tentang film Thailand yang dilarang tayang di Indonesia? Tahukah kamu alasannya? Industri…

2 days ago

Penyebab Asam Lambung Naik, Atasi Agar Tak Ganggu Aktivitas!

Pernahkah kamu merasakan sensasi perih di dada, perut begah, atau rasa asam yang naik ke…

1 week ago

Cara Backup WhatsApp Untuk Melindungi Chat Penting Anda!

Di era digital yang semakin maju, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi yang tak tergantikan…

3 weeks ago

Rekomendasi Laptop 2 Jutaan, Ada Laptop HP 14s!

Dalam era digital saat ini, laptop telah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir semua orang, mulai…

1 month ago

Cara Menghilangkan Watermark TikTok, Menggunakan Aplikasi!

Watermark TikTok adalah logo atau nama pengguna yang muncul di video TikTok. Bagi sebagian orang,…

2 months ago

Cara Cek IMEI Samsung, Ada Cara Kode USSD!

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik yang diidentifikasi pada setiap perangkat ponsel, termasuk…

2 months ago