Parenting

Berikan Madu Anak Untuk Buah Hati

Anda pasti pernah mendengar bahwa madu memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh, termasuk pula untuk anak-anak. Ya, madu memang sangat baik diberikan untuk anak-anak di atas usia 1 tahun. Mengapa harus menunggu hingga ia berusia 1 tahun? Sebab di dalam madu terkandung spora bernama Clostridium Botulinum yang tidak bisa ditoleransi oleh tubuh anak dibawah 12 bulan.

Hal ini dikarenakan organ vital bayi di bawah 1 tahun belum berkembang dengan sempurna sehingga masih belum bisa mencerna kandungan spora yang ada di dalam madu ini. Beberapa efek yang mungkin terlihat pada bayi yang mengkonsumsi madu adalah mengalami konstipasi atau susah buang air besar, nafsu makan menurun, mengalami kelemahan pada tangan dan kaki, tidak kuat menahan kepala, dan mengalami kesulitan bernapas.

Maka dari itu, penting sekali untuk menunggu sampai si kecil berusia 1 tahun sebelum memberikannya madu anak. Jika ia sudah berusia 1 tahun, maka akan banyak manfaat postif yang diperolehnya.

Manfaat madu anak untuk buah hati di atas 1 tahun

Manfaat pertama dari madu anak adalah bisa menyembuhkan batuk dan flu secara alami tanpa obat. Anda hanya perlu memberikan 1 sendok makan madu kepada buah hati sebelum tidur yang akan membantu membersihkan saluran tenggorokan dari dahak yang mengganggu. Madu juga memiliki kandungan yang bisa meringankan gejala peradangan sehingga akan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan yang mengalami peradangan. Selain itu, madu juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk buah hati.

Di masa tumbuh kembangnya saat ia banyak beraktivitas, memberikannya makanan atau  minuman yang sudah diberi madu bisa membantu meningkatkan energi dan memaksimalkan pertumbuhannya. Banyak lho, resep makanan dan minuman lezat dengan bahan madu yang pasti akan disukai anak. Sebab tidak semua anak suka mengkonsumsi madu langsung karena teksturnya yang sangat kental dan rasanya yang terlalu manis.

Madu juga baik untuk menyembuhkan luka, baik di bagian dalam maupun luar tubuh. Saat buah hati sariawan misalnya, Anda bisa meminumkan madu secara teratur dan juga mengoleskannya ke bagian yang terkena sariawan. Jika dilakukan secara rutin, maka sariawan akan segera sembuh.

Nah, si kecil yang gampang terkena alergi juga sebaiknya diberi madu secara teratur. Tanda dari alergi misalnya saja muncul gatal-gatal pada tubuh atau mata membengkak. Madu bisa memerangi penyebab alergi dan meredakan gejala yang muncul, selama alergi tersebut masuk ke kategori ringan. Tapi jika mengalami alergi berat, maka Anda perlu memeriksakan anak ke dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai.

Erni Astuti

Recent Posts

7 Cara Melatih Tanggung Jawab Saat Bekerja, Tingkatkan Kinerja!

Mengembangkan tanggung jawab di tempat kerja merupakan kunci sukses dalam karier profesional Anda. Tanggung jawab…

2 days ago

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis, Tips Efektif!

Baterai ponsel yang cepat habis bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama jika Anda berada…

4 days ago

Manfaat Etika Bisnis, Kunci Sukses dan Keberlanjutan Usahamu!

Di era globalisasi ini, etika bisnis menjadi kunci utama dalam membangun hubungan yang positif dan…

2 weeks ago

5 film thailand yang dilarang tayang,Kontroversi Sinematik Terungkap!

Pernahkah kamu mendengar tentang film Thailand yang dilarang tayang di Indonesia? Tahukah kamu alasannya? Industri…

3 weeks ago

Penyebab Asam Lambung Naik, Atasi Agar Tak Ganggu Aktivitas!

Pernahkah kamu merasakan sensasi perih di dada, perut begah, atau rasa asam yang naik ke…

4 weeks ago

Cara Backup WhatsApp Untuk Melindungi Chat Penting Anda!

Di era digital yang semakin maju, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi yang tak tergantikan…

1 month ago