cara-mendidik-anak-dalam-islam

Carabuat.my.id – Memiliki anak yang taat dan berbakti, tentu saja menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Pasalnya, kesuksesan tugas orang tua itu adalah berhasil mendidik anaknya menjadi jauh lebih baik lagi.

Tapi pada kenyataannya, masih banyak dari para orang tua yang kerap melakukan kesalahan dalam mendidik anaknya. Bahkan, ada pula sebagian dari mereka yang menerapkan tindak kekerasan lho!

Padahal, cara mendidik dengan kekerasan itu sama sekali tidak ada dalam ajaran agama Islam. Adapun mengenai cara mendidik anak dalam Islam yang sesuai ajaran Rasullullah SAW seperti dibawah ini:

1. Memberikan Nama Yang Baik

Sebelum membahas ke pendidikan, maka kita sebagai orang tua harus memulainya dengan cara memberikan nama yang baik untuk anak.

Pasalnya, selain berfungsi sebagai identitas, dalam sebuah nama juga terselip doa dan harapan untuk kehidupannya dimasa yang akan datang.

Ada sebuah hadist yang menyebutkan, bahwa Nabi pernah mengganti nama Hazan (yang berarti kesedihan), menjadi Sahal yang berarti kemudahan. “Sesungguhnya kalian akan dipanggil nanti pada hari kiamat dengan nama-nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka, perbaguslah nama-nama kalian.”

2. Berlaku Adil Pada Anak-anak

Jika bunda memiliki 3 anak, maka sudah menjadi keharusan bagi bunda untuk berlaku adil kepada mereka. Dengan kata lain, bunda tidak boleh membeda-bedakan satu sama lainnya.

Rasulullah SAW bersabda: “Bertakwalah kamu kepada Allah dan berlaku adil lah kamu diantara anak-anakmu.”

3. Selalu Memberikan Kasih Sayang

Seperti yang disebutkan oleh Aqra’ bin Habis (Pemuka Bani Tamim), “Demi Allah, aku mempunyai 10 orang anak, tetapi tak satu pun kuciumi di antara mereka.” Nabi pun memandangnya seraya berkata “Barang siapa yang tidak mengasihi, ia tidak akan dikasihi.”

Baca juga: Program dan Proses Bayi Tabung, Sebagai Cara Pamungkas untuk Hamil

4. Memperkenalkan Anak Kepada Allah

Ketika anak berusia 3 tahun, maka para orang tua harus mengajarkannya kalimat Tauhid “Laila ha illallah” sebanyak 7 kali. Ketika anak berusia 3 tahun 7 bulan, maka orang tua harus mengajarkannya kalimat “Muhammad Rasullullah”.

Seperti yang disebutkan dari hadist dari Ibnu Abbas, “Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Laila ha illallah.

Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, Laila ha illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya Laila ha illallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.”

5. Perintahkan Anak untuk Shalat

Setelah si kecil mengenal siapa pencipta bumi dan seluruh isinya, maka sudah menjadi keharusan bagi bunda untuk mengajarkannya tata cara shalat dan berwudhu.

“Suruhlah anak-anakmu shalat ketika berumur tujuh tahun, pukulah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Terkait pada hadist tersebut ada kata sebuah hukuman untuk anak yang meninggalkan shalat dengan cara dipukul, beberapa ulama menafsirkan bahwa kata “pukullah” itu bisa berupa memarahi atau menegurnya.

Namun, ada juga sebagian dari ulama yang berpendapat, bahwa kata “pukullah” itu bisa berupa pukulan ringan yang tidak sampai menyakitkan.

6. Ajarkan Anak Untuk Menutup Aurat

Khusus bagi bunda yang memiliki anak perempuan, maka ajarkanlah ia untuk mulai menutup auratnya sejak dini.

Ada sebuah hadist yang menyebutkan Rasullullah menegur Asma dan bersabda: “Hai Asma, sesungguhnya wanita apabila sudah baligh, tidak pantas terlihat kecuali ini dan ini” Rasullullah menunjuk ke arah wajah dan kedua telapak tangannya.

Baca juga: Referensi Nama Bayi Perempuan Jawa yang Manis dan Elegan