Merawat Kulit Kering

Setiap wanita pasti mendambakan kulit yang cantik dan sehat. Namun setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu tipe kulit kering yang terlihat tidak sehat. Apabila kulit Anda terlalu kering, dapat mengakibatkan kulit menjadi iritasi.

Ada banyak penyebab kulit menjadi kering, salah satuya karena kehilangan minyak alami pada permukaan kulit Anda. Kehilangan atau berkurangnya minyak alami ini dapat terjadi karena asupan makanan yang Anda konsumsi, kebiasaan buruk atau bisa jadi karena perawatan kulit yang salah. Kulit yang kering dapat ditandai dengan permukaan kulit yang terasa bersisik, kering dan kusam.

Untuk mengatasi kulit yang terasa kering umumnya menggunakan pelembab atau bodylotion sehingga kulit Anda terasa lebih lembab. Namun penggunaan produk pelembab atau bodylotion hanyalah bersifat sementara.

Selain itu, konsumsi air putih yang banyak juga dapat meningkatkan cairan dalam tubuh sehingga kulit terasa lebih lembab. Agar kulit terasa lembab, tidak kering dan juga sehat, Anda bisa menggunakan bahan alami dalam perawatan kulit. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perawatan kulit kering dengan cara alami.

1. Menggunakan buah pisang, pepaya dan alpukat

Selain sehat untuk pencernaan, rupanya buah pisang, pepaya dan alpukat juga baik untuk masker kulit. Buah-buahan ini mampu mengatasi kulit kering sebab dapat memberikan efek melembabkan. Cara pengaplikasiannya juga mudah yaitu buah pepaya, alpukat dan pisang yang matang dihaluskan dan dicampur rata menjadi satu.

Setelah halus, kemudian oleskan pada bagian tubuh Anda yang terasa kering seperti wajah, tangan, leher, kaki dan bagian tubuh lainnya yang terasa kering. Selanjutnya biarkan masker hingga kering sekitar 15 menit, lalu dibilas menggunakan air hangat hingga bersih. Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya Anda melakukan masker minimal dua kali seminggu.

2. Masker menggunakan timun

Timun seringkali dipakai sebagai masker untuk menyegarka n wajah. Rupanya, timun juga mampu melembabkan kulit Anda yang terasa kering. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan memarut timun hingga halus, kemudian ampas dari parutan timun tersebut dapat Anda jadikan masker wajah. Oleskan secara merata pada wajah dan biarkan meresap hingga sekitar 15 menit. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Masker Apel

Apel mengandung zat kalium dan tanin yang bermanfaat untuk melembabkan kulit. Buah apel juga dipercaya ampuh untuk meremajakan kulit. Untuk memanfaatkan apel sebagai masker wajah caranya sangatlah mudah yaitu dengan memarut buah apel, kemudian ampas apel hasil parutan dioleskan ke tubuh ataupun wajah yang terasa kering. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, selanjutnya dibilas dengan menggunakan air dingin.

4. Masker kuning telur

Selain lezat dimakan, kuning telur rupanya juga baik untuk melembabkan kulit. Telur mengandung banyak protein sehingga mampu mengtaasi masalah kulit kering. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan mencampurkan satu sendok kuning telur dengan 1 sendok madu dan 2 sendok susu bubuk. Aduk ketiga bahan tersebut hingga merata dan berbentuk seperti pasta.

Anda bisa menggunakannya sebagai masker dengan mengoleskan pasta tersebut ke bagian kulit yang terasa kering. Diamkanlah masker selama kurang lebih 15 menit, kemudian dibilas dengan menggunakan air dingin.

Nah itu tadi empat tips manjur yang bisa Anda gunakan sebagai perawatan kulit yang kering. Dengan rutin melakukan masker wajah secara alami, kulit Anda akan terasa lebih sehat dan terawat.