Kecantikan

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Bahan-bahan Alami

Carabuat.my.id – Memiliki kulit wajah yang mulus dan bersih itu merupakan impian bagi setiap orang. Namun, kebanyakan dari kita justru kerap dihadapkan pada beragam masalah kulit wajah.

Ya, salah satunya adalah kulit wajah yang berminyak. Selain dapat merusak penampilan, kulit wajah yang berminyak juga bisa memicu timbulnya jerawat!

Berbicara soal cara mengatasi wajah berminyak, mungkin sebagian besar dari kita akan menggunakan produk-produk lotion yang ada ti toko.

Padahal, ada beberapa bahan-bahan alami yang tak kalah ampuhnya dalam mengatasi kulit berminyak tersebut lho. Nah, biar kalian gak penasaran, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

1. Kentang & Minyak Zaitun

Bahan-bahan alami pertama yang efektif untuk mengatasi kulit wajah berminyak, yakni dengan berupa kentang & minyak zaitun.

Ya, kedua bahan tersebut bisa kamu jadikan masker wajah. Lalu, bagaimana cara membuat maskernya? Mengenai cara membuat maskernya, siapkan 1 butir kentang, kupas kulitnya, cuci sampai bersih dan tumbuk hingga hancur.

Tambahkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun, aduk-aduk, lalu oleskan maskernya ke wajahmu secara merata, dan beri pijatan memutar secara perlahan.

Diamkan selama 15 menitan, kemudian bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

2. Jeruk Nipis & Madu

Selain kentang & minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis & madu sebagai masker untuk untuk mengatasi masalah kulit wajah berminyak.

Kita langsung saja ke cara membuat maskernya, siapkan beberapa buah jeruk nipis, peras airnya, dan sisihkan kedalam wadah atau mangkuk.

Tambahkan dengan 1 sendok makan madu murni, aduk-aduk, lalu balurkan pada wajahmu sambil dipijat memutar perlahan. Diamkan sekitar 15 – 30 menit, lalu bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

Baca juga: Super Gampang, Ini Cara Menanam Bawang Merah di Rumah

3. Yoghurt & Buah Alpukat

Menurut para ahli kecantikan kulit, perpaduan yoghurt & buah alpukat ini memiliki kandungan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian kulit lho.

Adapun mengenai beberapa manfaatnya, seperti mengurangi minyak berlebih di wajah, melembapkan kulit, menghaluskan kulit, hingga mengangkat sel kulit mati.

Soal cara membuat maskernya, siapkan 1 buah alpukat (jangan yang terlalu matang), keruk daging buahnya, sisihkan kedalam mangkuk, lalu lumatkan sampai lembut.

Tambahkan dengan 1 cup yoghurt tawar, aduk-aduk, dan aplikasikan kewajahmu secara merata sambil dipijat perlahan. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas kembali wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

4. Buah Bengkoang

Selain dapat dijadikan masker untuk mengatasi kulit wajah berminyak, ternyata masker buah bengkoang juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel lho.

Bukan hanya itu, bahkan masker buah bengkoang ini dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit dalam waktu singkat.

Siapkan 1 buah bengkoang, kupas kulitnya, kemudian tumbuk sampai hancur. Aplikasikan masker tersebut ke wajahmu, beri pijatan memutar perlahan, dan diamkan sekitar 30 menit. Seperti biasa, bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

5. Mentimun

Bahan alami berikutnya yang efektif untuk mengatasi kulit wajah berminyak, yakni dengan menggunakan mentimun.

Siapkan 1 buah mentimun, cuci sampai bersih, kemudian iris tipis-tipis. Tempelkan irisan mentimun tersebut ke wajahmu secara menyeluruh, tekan perlahan-lahan, dan diamkan selama 30 menitan. Setelahnya, bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih.

Itulah cara mengatasi wajah berminyak dengan beberapa bahan alami, yang mungkin saja kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: Cara Menghilangkan Kulit Kering dengan Masker Alami

Erni Astuti

Share
Published by
Erni Astuti

Recent Posts

7 Cara Melatih Tanggung Jawab Saat Bekerja, Tingkatkan Kinerja!

Mengembangkan tanggung jawab di tempat kerja merupakan kunci sukses dalam karier profesional Anda. Tanggung jawab…

1 day ago

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis, Tips Efektif!

Baterai ponsel yang cepat habis bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama jika Anda berada…

3 days ago

Manfaat Etika Bisnis, Kunci Sukses dan Keberlanjutan Usahamu!

Di era globalisasi ini, etika bisnis menjadi kunci utama dalam membangun hubungan yang positif dan…

2 weeks ago

5 film thailand yang dilarang tayang,Kontroversi Sinematik Terungkap!

Pernahkah kamu mendengar tentang film Thailand yang dilarang tayang di Indonesia? Tahukah kamu alasannya? Industri…

3 weeks ago

Penyebab Asam Lambung Naik, Atasi Agar Tak Ganggu Aktivitas!

Pernahkah kamu merasakan sensasi perih di dada, perut begah, atau rasa asam yang naik ke…

4 weeks ago

Cara Backup WhatsApp Untuk Melindungi Chat Penting Anda!

Di era digital yang semakin maju, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi yang tak tergantikan…

1 month ago