Buat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Menarik, Intip Caranya di Sini!

Melamar Kerja Tak Perlu Nunggu Lowongan Buka, Begini Caranya Halaman all -  Kompas.com
Sumber: Money Kompas.com

Buat surat lamaran kerja terkadang memang membingungkan. Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang harus disiapkan saat akan melamar pekerjaan. Sebab, didalam surat tersebut terdapat informasi – informasi penting yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan perusahaan yang dilamar. Karena itu, kamu harus membuat surat lamaran kerja dengan benar. 

Lantas, cara membuat lamaran kerja yang benar itu bagaimana? Kamu harus membuat isi surat lamaran kerja dengan jelas menggunakan bahasa yang baku, sopan, rinci, serta tidak berlebihan. Hal itu penting dilakukan karena dapat menunjukkan bagaimana keterampilan serta pengalaman yang sesuai dengan persyaratan dan deskripsi pekerjaan. 

Dengan membuat surat lamaran kerja yang benar, kamu memiliki kesempatan untuk menunjukkan pengetahuan, pengalaman, serta kemampuan sehingga membuat perusahaan yang dilamar tertarik.

Dibawah ini akan dijelaskan cara membuat surat lamaran kerja yang benar dengan memuat unsur – unsur berikut ini :

1. Alamat Pengirim 

Berkas-berkas yang diperlukan untuk melamar kerja ke perusahaan swasta. •  Riftom.Info
Sumber: Riftom Info

Untuk alamat pengirim dicantumkan di sebelah kanan atas dengan memuat unsur nama, alamat, nomor telepon, dan email. 

2. Tempat Dan Tanggal Pembuatan Surat

5 Tips Melamar Kerja Tanpa Pengalaman agar Bisa Jadi Wanita Karier
Sumber: Kompas.com

Untuk tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja ditulis sesuai dengan waktu pembuatan surat. Contohnya : Bandung, 7 Maret 2022. 

3. Nama Orang Yang Dituju Di Perusahaan

Penting! Ini 5 Cara Berpakaian Terburuk Saat Melamar Kerja - Lifestyle  Fimela.com
Sumber: Fimela

Cantumkan nama orang yang dituju di perusahaan beserta jabatan dan alamat lengkap perusahaan. Namun jika tidak ada nama orang yang dituju, bisa cantumkan “HRD PT….”.

4. Salam Pembuka

Makin Mahir
Sumber: Makin Mahir

Untuk menulis salam pembuka, gunakan frasa ‘Dengan hormat’ diawal kalimat.

Baca juga: Tips WFH Untuk Karyawan Kantoran Agar Tetap Produktif

5. Paragraf Pembuka

30+ Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar [Template Gratis]
Sumber: Gramedia.com

Dibagian paragraf pembuka, coba jelaskan darimana informasi tentang lowongan pekerjaan dan jabatan yang dibutuhkan tersebut didapatkan. 

6. Paragraf Kedua

ben jobs: Surat Lamaran Kerja Rekomendasi Dari Teman | Surat, Kerja, Cv  kreatif
Sumber: Pinterest

Dibagian paragraf kedua, cobalah uraikan tentang visi, misi, serta hal – hal lain yang mendukung agar bisa menarik minat perusahaan. Kamu bisa jelaskan hubungan keterampilan dan kemampuan dengan deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan. 

7. Paragraf Penutup

12 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Terlengkap
Sumber: Mapel

Diparagraf penutup, sampaikan ucapan terima kasih serta harapan agar perusahaan bisa mempertimbangkan lamaran pekerjaan yang kamu tulis.

8. Salam Penutup

9 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan (Lengkap)
Sumber: Titikdua.net

Untuk menulis salam penutup, gunakan frasa yang sopan. Misalnya : Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

9. Terakhir, bubuhkan tanda tangan dan nama terang. 

5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Apotek dan Cara Membuatnya | CakeResume
Sumber: CakeResume

Nah, agar surat lamaran kerja yang kamu buat menarik terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

  • Impresif

Tampilkan jati dirimu semenarik mungkin misalnya dengan menyebutkan prestasi dan kemampuan yang dimiliki. 

  • Menarik Minat

Cobalah kamu cantumkan ketertarikan dalam bidang yang relevan dengan deskripsi pekerjaan, agar perusahaan lebih tertarik untuk memahami pelamar kerja.

  • Menyebutkan Kualifikasi Yang Dimiliki

Kamu juga bisa cantumkan prestasi dan pengalaman yang relevan sebagai bukti pendukung. Sebutkan juga target yang pernah kamu raih, misalnya target penjualan jika sebelumnya kamu pernah bekerja di bidang penjualan. 

  • Menggunakan Bahasa Yang Baku, Ringkas, Dan Padat

Kesalahan penggunaan bahasa akan mengurangi nilai surat lamaran kerja. Karena itu, pastikan kamu menggunakan bahasa yang baku, ringkas, dan padat. Pastikan juga pengetikan bahasanya tidak ada yang salah. 

  • Kalimat Yang Efektif

Hindari kalimat yang tidak efektif misalnya mengulang – ulang kalimat, ejaan yang salah, atau menggunakan tata bahasa yang buruk. Jangan mengulang atau memperpanjang kalimat karena bisa membuat pembaca bingung. 

  • Tujuan Dan Alasan Melamar

Uraikan tujuan dan alasan kamu melamar agar perusahaan yakin kepadamu. Dengan demikian, perusahaan bisa menilai seberapa jauh dedikasi dan kontribusi yang akan kamu berikan nanti. 

  • Kerapihan

Gunakan huruf yang tidak terlalu besar dan mudah dibaca biasanya ditulis dengan font Times New Roman dengan ukuran 12pt. Pastikan juga menggunakan paragraf yang rata kanan dan kiri sehingga terlihat rapi.

Baca juga: Tips Magang yang Harus Diperhatikan Oleh Mahasiswa