cara-mengajarkan-anak-membaca-dengan-cepat

CaraBuat.my.id – Momen mengajari anak membaca merupakan salah satu momen ang sangat penting bagi pertumbuhan sang anak. Karena belajar membaca ini bukan proses yang alami yang terjadi dengan sendirinya. Namun, cara mengajarkan anak membaca ini merupakan suatu proses panjang yang membutuhkan kesabaran dan keuletan orang tua. Selain itu, cara mengajarkan membaca pada anak ini juga membutuhkan keterampilan dan berbagai strategi jitu. 

Oleh karena itu, sebagai orang tua sangat penting untuk mengetahui cara-cara mengajari anak membaca yang tepat. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan tips atau cara mengajarkan anak untuk membaca. Mari kita simak apa saja tips dan caranya.

1. Mengenalkan Huruf dengan Cara yang Menyenangkan

Cara mengajarkan anak membaca yang pertama adalah dengan mengenalkan huruf dengan cara yang menyenangkan. Dalam hal ini, buatlah anak Anda hafal ketika menjumpai salah bentuk huruf dari A hingga Z. Selain itu, pastikan juga bahwa anak bisa mengucapkan huruf-huruf tersebut dengan benar. Contohnya, ketika anak melihat bentuk huruf “B”, maka dengan spontan anak  bisa langsung mengucapkan kalau huruf tersebut berbunyi ‘be’.  

2. Ajarkan Anak Menghafal Suku Kata

Jika anak sudah menguasai dan memahami huruf, maka langkah selanjutnya ajarkanlah anak menghafal suku kata. Dalam hal ini, biarkan anak untuk menghafal suku kata dari konsonan B hingga Z, yang diikuti huruf vokal a,i,u,e,o. Contohnya : ba, bi, bu, be, bo sampai za, zi, zu, ze, zo. Biarkan anak hafal dan terbiasa dengan suku kata tersebut. Walaupun masih menghapal dan belum bisa membaca, setidaknya sang anak belum bisa dikatakan bisa membaca. Maka ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Informasi Terbaru Seputar Dunia Wanita dari Popbela.com

3. Mengajak Anak Membaca Suku Kata Bervariasi

Tahap selanjutnya adalah mencari kata yang terdapat suku kata bervariasi untuk mengajar anak membaca dan mengenalkannya. Contohnya seperti bo-la, bu-ku, papi, ma-mi, cu-ka, dan lain sebagainya. Dalam tahap ini jangan dulu mengenalkan anak dengan suku kata yang berakhiran huruf mati. Hal ini bertujuan supaya anak menguasai tahap ini terlebih dahulu. Jika sang anak masih sulit memahaminya, maka coba ajari terlebih dahulu sampai terbiasa dan memahami suku katanya, seperti :

  • ba, ca, da, fa, ga, dan seterusnya
  • bi, ci, di, fi, gi, dan seterusnya’
  • bu, cu, du, fu, gu, dan seterusnya
  • be, ce, de, fe, ge, dan seterusnya
  • bo, co, do, fo, go, dan seterusnya

4. Mengajarkan Anak Huruf Mati

Jika sang anak sudah menguasai tahap sebelumnya, maka saatnya anda mengajarkan kepada anak tentang huruf mati. Mengajari anak huruf mati ini bisa dengan memperkenalkan terlebih dahulu huruf-huruf mati, seperti “ng”, “ny”, dan huruf konsonan lainnya apabila dijadikan huruf mati. 

5. Melatih Anak Membaca Kata Utuh

Mungkin awalnya sang anak akan merasa kesulitan untuk tidak mengeja, jadi harus mengeja terlebih dahulu. Maka dari itu, peran Anda disini harus lebih giat melatih anak agar dapat cepat membaca tanpa mengeja. Selain itu, Anda juga harus menemukan metode yang tepat untuk anak, apabila anak masih kesulitan membaca dalam proses jangka waktu yang lama. 

6. Sediakan Buku-Buku Bergambar yang Menarik

Untuk meningkatkan kelancaran dalam proses membaca, Anda juga harus menyediakan buku-buku menarik atau bergambar dengan tulisan yang cukup besar dan pendek untuk setiap halamannya. Karena ketimbang menyuguhkan buku yang hanya penuh dengan tulisan, anak-anak biasanya lebih menyukai buku yang memiliki aneka gambar visual menarik di dalamnya. 

Mungkin itu saja pembahasan artikel kali ini tentang 6 cara mengajarkan anak untuk membaca, semoga ada guna dan manfaatnya dalam proses parenting Anda ya!

Baca juga: Cara Mendidik Anak dalam Islam Sesuai Ajaran Rasulullah SAW