7-Resep-Kue-Basah-Praktis-Aneka-Surabi-1.

carabuat.my.id – Surabi adalah salah satu alternatif sarapan di Indonesia. Kudapan satu ini juga dikenal sebagai pancake khas negeri kita. Tak hanya sebagai menu sarapan, Anda juga bisa menikmati surabi sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Ada berbagai jenis surabi yang bisa Anda nikmati. Penasaran? Yuk, simak aneka surabi berikut ini.

1. Kue Basah Surabi Khas Bandung

Dapat dikatakan, kudapan khas Bandung satu ini adalah jenis surabi yang paling terkenal di Indonesia. Jajanan ini berbentuk bulat, pipih, serta berpori. Dari segi tekstur, surabi khas Bandung padat dan empuk di seluruh bagian. 

Karena teksturnya ini, banyak orang yang salah menyebutnya dengan kue apem. Bahan adonan terdiri dari terigu, air kelapa, dan telur. Anda dapat menjumpai surabi Bandung dalam dua varian warna, yakni hijau dan putih. Warna hijau ini diperoleh dari adonan surabi yang dicampur air daun suji. Untuk menikmatinya, Anda bisa memilih topping manis dengan guyuran kuah kinca atau topping gurih pedas dengan taburan oncom.

2. Kue Basah Surabi Khas Solo

Surabi Solo memiliki bentuk yang klasik. Adonannya terbuat dari campuran tepung beras, garam, gula, serta santan. Perpaduan bahan-bahan tersebut menghasilkan surabi yang terasa legit. Anda bisa langsung menyantap surabi Solo atau menambahkan topping berupa keju parut, meises, maupun kacang. 

Bentuk surabi Solo juga terbilang unik karena pinggirannya berwarna kecoklatan dan bertekstur garing. Bagian tengah surabi Solo berwarna putih, teksturnya cenderung basah. Surabi ini disajikan dengan cara digulung di dalam daun pisang sehingga membuatnya aroma makanan ini makin kuat.

3. Kue Basah Surabi Khas Jakarta

Nama lain jajanan ini adalah kue ape. Sekilas, surabi Jakarta terlihat mirip surabi Solo. Namun, yang membedakan terletak pada bagian tengah surabi Jakarta yang lebih kecil, padat, dan menggembung. Bahan pembuatan surabi ini adalah terigu, santan, telur, vanili, dan bahan pengembang. 

Surabi Jakarta memiliki dua varian warna, yakni hijau dan putih. Dari segi rasa, surabi Jakarta cenderung gurih. Pinggiran surabi ini renyah. Tanpa taburan, surabi Jakarta sudah terasa nikmat.

4. Kue Basah Surabi Khas Cirebon

Jika Anda adalah penggemar kudapan gurih, Anda wajib mencoba kudapan satu ini. Surabi Cirebon terbuat dari tepung beras, tepung terigu, kelapa parut, serta garam. Ketika matang, Surabi Cirebon terlihat seperti Surabi Bandung. 

Namun, yang membedakan adalah surabi Cirebon memiliki topping yang berbeda-beda. Anda bisa memilih topping telur, oncom, tempe orek, maupun tauco. Surabi Cirebon cocok Anda jadikan salah satu menu sarapan bersama gorengan tahu, tempe, maupun bakwan.

Baca Juga : 8 Resep Kue Basah Praktis Lumpur Berbagai Bahan

5. Kue Basah Surabi Khas Bali

Surabi Bali juga dikenal dengan nama laklak. Dari segi bentuk, surabi Bali agak pipih dan ukurannya sebesar bulatan telunjuk dan jempol. Bahan pembuatannya terdiri dari tepung beras, garam, santan, serta bahan pengembang. 

Surabi jenis ini khas aroma pandan dan daun suji yang kuat. Tak heran jika warna surabi Bali hijau cerah. Surabi Bali disajikan dengan parutan kelapa dan saus gula yang disiram di atasnya. Rasanya gurih dan sungguh legit, ditambah teksturnya yang lembut.

6. Kue Basah Surabi Khas Kalibeluk

Kudapan ini adalah makanan legendaris desa Batang. Konon, surabi kalibeluk telah ada sejak zaman kerajaan Mataram. Bahan surabi ini adalah tepung terigu, santan/air, dan gula aren. Dari bentuknya, surabi ini lebih besar dibanding jenis surabi lain, ukurannya cukup tebal dan berserat. Tekstur surabi kalibeluk lengket, rasanya sangat legit. Terdapat dua versi surabi kalibeluk, yakni rasa manis dan gurih.

7. Kue Basah Surabi Khas Minang

Kue satu ini lebih dikenal dengan nama “pinukuik”. Bahan-bahannya terdiri dari terigu, santan, parutan kelapa, vanili, dan tapai. Karena menggunakan bahan pengembang alami, surabi minang bisa tahan berhari-hari. Bentuk surabi minang mirip dengan surabi bandung. Kedua sisi surabi minang agak gosong dan permukaannya terdapat pori-pori yang besar.

Nah, itu tadi aneka surabi di Indonesia. Surabi mana yang menjadi favorit Anda?

 Baca Juga : Yummy App, Aplikasi Resep Makanan Bikin Tetap Produktif Saat di Rumah